-->
Cara Membersihkan Kamera Analog 35mm dan Lensa Manual

Membersihkan dan servis kamera analog


Membersihkan kamera analog dan lensa manual merupakan kewajiban bagi para analogers. Karena suatu barang kalau dirawat dan dijaga pasti lebih awet dan tahan lama, bener gak sobat? Begitu juga dengan kamera analog. Apalagi kamera analognya warisan dari kakek atau orang tua kita. Belum lagi kalau kado dari pacar, pasti dijaga banget. 

Pada bagian ini, admin akan sedikit mengulas mengenai bagaimana cara membersihkan kamera analog dan lensa manual. Semoga artikel ini nantinya dapat memberikan pengetahuan lebih kepada pengguna kamera analog untuk merawat kameranya agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Kalau ada yang kurang, silahkan sobat-sobat tambahkan.

Seperti halnya barang elektronik yang membutuhkan perawatan khusus, kamera analog pun harus dijaga serta dirawat agar bersih dan bebas dari debu. Salah satu dampak dari kamera analog sobat yang terawat dan bebas dari debu adalah kamera analog sobat bisa bertahan lama hingga waktu yang menentukan sendiri dan tentunya mempermudah kita untuk mengambil gambar yang lebih baik. Secara teknis membersihkan dan merawat kamera analog tidak jauh berbeda dengan merawat DSLR.  



Cara Membersihkan Kamera Analog dan Lensa Manual


Berikut langkah-langkah sederhana yang sering admin lakukan untuk membersihkan kamera analog: 

1. Pertama yang harus sobat lakukan adalah pisahkan semua bagian-bagian dari kamera analog, yang mudah misalnya lepaskan lensa dari body-nya, cabut filter dari lensanya, cabut rumah baterai, lepas dulu strap (tali), lepas dulu flash jika sedang dipakai di body dan lain-lain yang bisa sobat lepas dan pasangkan lagi (hati-hati bisa lepas tapi  tidak bisa pasangnya kembali). Kalau sobat punya keahlian dalam bongkar pasang, lebih baik lagi jika dilepas semua bagian-bagiannya sampai ke dalam-dalamnya seperti pada foto di atas. 
2. Usap (elap) semua bagian eksterior dari body kamera analog menggunakan kain berbahan halus! Kenapa harus yang halus? Hal ini untuk menghindari scratch (goresan) pada body kamera. Sayang kan kalau sobat pakai yang kasar, bisa-bisa kamera sobat seperti habis dicakar kucing alias tidak mulus lagi. 

Usap dengan lembut dan perlahan. Usahakan menggunakan kain yang bersih dan ganti kainnya apabila kotorannya sudah menumpuk. Untuk tempat-tempat yang sulit dijangkau, gunakanlah kapas pembersih telinga (cotton bud)

Bila pada body kamera analog yang terbuat dari besi terdapat bintik-bintik hitam, jamur atau karat, gunakanlah cairan pembersih karat seperti WD-40. Tuangkan cairan pada kapas halus dan usap pada bagian berkarat agak ditekan perlahan.

Pembersih karat WD-40
3. Untuk bagian-bagian mounting dan sekitar mirror (kaca), gunakan cairan pembersih yang biasa digunakan untuk membersihkan lensa, monitor atau kaset DVD. Teteskan secukupnya ke cotton bud. Kemudian usap di area tersebut dengan perlahan.

Pembersih lensa kamera analog
4. Untuk mirror dan viewfinder sendiri, gunakan air blower untuk menghilangkan debu-debu tipis dan pakailah kapas yang halus, seperti kapas kecantikan. Bisa juga menggunakan kanebo tetapi yang benar-benar halus. Jangan menggunakan cotton bud karena masih cukup kasar permukaannya. 

Teteskan pula cairan pembersih ke kapas halus dan usap di bagian itu benar-benar perlahan. Area ini cukup riskan sobat, karena sangat mudah untuk tergores. Dampaknya bila bagian ini scratch parah yaitu sangat mengganggu penglihatan kita ketika mengambil gambar. 

Sebenarnya ada satu bagian lagi di dalam body kamera analog bila scratch atau kotor sangat mengganggu penglihatan, yakni Prisma. Khususnya terdapat pada kamera SLR analog dan berfungsi untuk memantulkan cahaya yang masuk dari lensa ke mirror untuk diteruskan ke prisma dan viewfinder

Akan tetapi prisma terdapat di bagian dalam sisi atas kamera analog. Sobat harus ahli dalam membongkar kamera analog. Bila tidak bisa, datang saja ke tukang repair (servis) untuk membersihkannya. 

5. Buka bagian belakang kamera lalu bersihkan ruang film, sprockets dan take-up spool menggunakan kapas/kain halus. Teteskan kembali cairan pembersih ke kapas/kain halus dan usap perlahan. Hindari bagian hordeng shutter karena bagian ini harus tetap terjaga kering. Jangan sampai terkena cairan berbahan minyak karena akan sulit untuk mengeringkannya. 

Efek dari hordeng shutter yaang terkena cairan berbahan minyak adalah ia akan menjadi lengket sehingga shutter speed terkadang akan stuck serta mengakibatkan kokangan akan macet. Cukup gunakan air blower bila terdapat debu-debu halus di bagian ini.
6. Untuk lensa manual, pertama-tama kita lepas lensa dari body kamera. Kemudian bersihkan debu-debu yang menempel di optik lensa menggunakan air blower. Bila debu yang menempel masih ada dan cukup tebal, semprotkan cairan pembersih dan elap perlahan menggunakan kain halus atau tisu halus. Bisa juga diganti dengan tisu basah bila tidak ada. 

Lakukan hal tersebut pada optik bagian depan dan belakang lensa. Namun demikian, bila terdapat jamur atau kabut (fog) pada optik dalam lensa, kita harus membukanya. Dianjurkan datang ke tempat servis kamera analog untuk membersihkannya bila tidak bisa melakukannya sendiri. 

Demikianlah sobat cara sederhana untuk membersihkan kamera analog dan lensanya. Semoga bermanfaat dan membantu sobat untuk merawat kamera kesayangan sobat. 

Pendiri Eternal Light Camera dan Eternal Light Digital Marketing Services. Seorang professional digital marketing, fotografer kamera analog, penulis, content creator, kolektor, pemopuler kembali kamera film di Indonesia dan distributor kamera analog. Saat ini bertempat tinggal di Depok

82 comments:

suryani said...

hmmm seperti itu ya caranya bersihin kamera jenis analog, alhamdulillah dapat pencerahan baru nih cara bersihinnya, makasih ya :)

Bekti Supriadi said...

Sama-sama mba Suryani. Semoga membantu.

Jerry [Photography] said...

Halo pagi mas, kalau pakai WD-40 untuk membersihkan titik2 karat pada kamera analog yg berbahan logam, apakah aman bagi cat nya?
Terimakasih.

Bekti Supriadi said...

Untuk titik karat di body analog yg berwarna chrome atau hitam bagian atas atau bawah dan dalam tidak apa-apa mas Jerry. Kecuali untuk bagian garis/list hitam mungkin harus agak perlahan-lahan. Trims sudah mampir, semoga membantu.

Unknown said...

mas boleh nanya,saya punya camera yashica fx-3 super tapi kok gak bisa di buka ya lensanya,di viewfindernya gelap aja mas gak nampak kalo di lihat,itu penyebabnya apa ya mas? soalnya baru di kasih sama paman,balas ya mas makasih..

Bekti Supriadi said...

Di dekat ring mount lensa sebelah atas kiri atau diatas tuas selftimer sebelah kanan ada tombol kecil. Itu ditekan sambil putar lensanya. Kalau pasang lensa, titik merah di ring belakang lensa ketemu titik merah di ring mount body lalu putar. Cek mirrornya atau kacanya di dalam setelah lensa dibuka, biasanya bila gelap Karna mirrornya tidak mau balik lagi atau ketutup. Semoga membantu mas Anick Koto Agam.

rezqvisualart said...

Malam mas saya punya nikon F2as photomic masih sgt prima sayang dibagian body logam yg dasar terdapat goresan membekas panjang mungkin kena tripod. Ada tips menghilangkannya..? Makasih sebelumnya

Bekti Supriadi said...

Halo mas Rzk Event trims sudah mampir. Jika goresan tersebut berupa scratch/baret tidak bisa dibersihkan mas. Satu-satunya cara menghilangkannya harus cat ulang. Bila berupa titik hitam, noda atau karat masih bisa dibersihkan. Semoga membantu.

Unknown said...

Permisi pak, mau tanya, cara bersihin kotoran di dekat viewfinder bagaimana ya buka2 kameranya? Saya habis cuci lensa di servisan, sampai rumah baru sadar ternyata ada kotoran di deket viewfinder (ngga tepat di viewfinder sih) mau balik lagi gak enak 😂
Terimakasih
Kamera: RF RICOH GX1

Bekti Supriadi said...

Halo mas Har gun Trims sudah mampir. Kalau kotorannya itu masih di luar viewfinder bisa dibersihkan dengan cairan pembersih lalu diusap dengan kain berbahan halus. Tapi bila kotorannya di dalam viewfinder, harus dibuka semua bagian atasnya. Bila mas tidak memiliki keahlian bongkar kamera, lebih baik dibawa kembali ke tempat servis. Takutnya nanti malah rusak. Semoga membantu.

Unknown said...

Sip terimakasih banyak
Ada manual ricoh gx 1 gak ya pak? Mau minta hehehe
Email valentinusharigunawan@gmail.com

Bekti Supriadi said...

Sudah diemail mas Har Gun. Semoga membantu.

Chandra Revaljie Trisnawandi said...

Hallo mas, yashica fx3 super 2000 kokang rollfilmnya stuck, gimana cara perbaikinya ya? Apa ada solusi?

Bekti Supriadi said...

Trims sudah mampir mas Chandra. Kalau kokangan stuck/macet pada kamera analog full manual seperti yashica fx-3 super 2000, kita buka plate bagian bawahnya. Kemudian agak dikokang dikit sambil dilihat bagian mana yang mengganjal. Lalu dibetulkan. Setelah itu kokang dan jepret. Sebelum ditutup kembali platenya, ada baiknya diberikan pelumas supaya lancar. Semoga membantu.

Ida Ayu Yunita said...

halo mas. saya ingin bertanya. kamera saya canonet ql17. kalau misalnya bagian atas sama bawah ruang film berakarat, apa pembersihannya juga menggunakan wd40? bagaimana caranya? mohon bantuannya dan terimakasih..

Bekti Supriadi said...

Halo mba Idea Ayu trims sudah mampir kembali. Bila memang berkarat bisa pakai WD40, namun alangkah baiknya saat mengelapnya dilakukan secara perlahan-lahan. Semoga membantu.

Unknown said...

Hallo mas, saya sudah coba ke beberapa tempat service di sekitaran jkt, kata mereka prisma yg kotor tidak bisa di bersihkan, minta infonya dong mas tempat service yg bisa mengatasi masalah itu..
Thanks🙏🏼

Unknown said...

permisi mas mau tanya. camera saya fujica mpf105xn . gmna cara buka lensanya? trims

Bekti Supriadi said...

Trims sudah mampir mas/mba unknown. Fujica mpf105xn itu generasi kedua fujica mpf105 yang menggunakan mount bayonet. Untuk membuka lensanya, cukup tekan tombol yang dekat tuas selftimer dan putar ke kiri. Untuk memasangnya kembali putar ke arah sebaliknya. Semoga membantu.

Bekti Supriadi said...

Halo mas fitrah. Klo prismanya sudah tidak bisa dibersihkan berarti harus ganti prisma. Kita harus cari kanibalannya dengan yang sejenis. Bila ke tukang servis tanya untuk kanibalannya tersedia tidak. Semoga membantu.

Unknown said...

mas bro punya kontak yg bisa dihubungi? kebetulan saya ada kamera minox35ml macet dikokangannya trus coba saya bongkar tetep nggak bisa karena nggak ngerti macetnya dimana...kira2 bisa bantu betulin gak?

Unknown said...

@bekti s. mas bro kira2 pelumas apa yg baik ya?

Bekti Supriadi said...

Halo mas Bakul Klambi. Saya biasanya pakai chainlube untuk rantai motor. Bisa juga pakai WD-40 untuk karat. Semoga membantu.

Bekti Supriadi said...

Halo mba/mas unknown sudah dibalas via line ya, semoga membantu.

Unknown said...

Saya punya canon ae1 kokanfnya macet nggk mau full muternya ,gimana ya😂

Bekti Supriadi said...

Halo mas/mba unknown trims sudah mampir. Canon ae-1 itu harus pakai baterai untuk fungsinya. Pastikan terlebih dahulu apakah macet karena baterainya habis. Bila tetap macet, buka plate bagian bawah pakai obeng dan lihat bagian mana yang nyangkut, kemudian diperbaiki. Bila tidak bisa lebih bawa ketempat servis. Semoga membantu.

RE said...

Mas bekti, keren bgt blognya. Saya mau tanya mas, saya punya toycam Holga 120 cfn tapi didalam lensa viewfindernya berembun, kalo begitu apakah bisa dibersihkan atau diganti?

Bekti Supriadi said...

Trims sudah mampir mas Renia Diva. Semua kamera analog viewfindernya bisa dibersihkan. Untuk berembun atau kotor di bagian dalamnya harus dibongkar dan lebih baik datang ke tukang servis. Bila tidak bisa dibersihkan, selama partnya masih tersedia bisa diganti. Semoga membantu.

Anker Bellok said...

Halo mas .
saya barusan dapat camera ricoh GX-1 , apa mas punya manual ricoh GX-1 , boleh mas minta manualnya
bisa di email di bjards@gmail.com

piddei said...

halo mas, saya baru aja dapet lynx 14e pas saya coba lancar tapi karena kesalahan saya kokang terlalu cepat sekarang lensa tidak mau mmebuka seperti macet, cara mengatasinya gimana ya mas?

Anonymous said...

Halo mas, td pagi saya nemuin kamera kodak instamatic 66x punya ortu,saya cek kokang masih mau tp waktu mau saya kokang lagi kokangannya malah ngeblong ga mau ngelock (setau saya dikokang sekali, ngelock, langsung jepret) kira-kira cara mengatasinya gimana ya mas? Mohon bantuannya...

Bekti Supriadi said...

Halo mas/mba Amazon Store trims sudah mampir. Buku manualnya sudah diemail. Semoga membantu

Bekti Supriadi said...

Trims sudah mampir mas Hafidz Fihri. Coba dicek terlebih dahulu apa masih bisa dijepret dan kokang lagi. Bila kokangannya macet, buka bagian bawahnya dan lihat mana yang mengganjal. Bila kokangannya tidak macet, dicek dulu blade aperturenya berminyak atau tidak. Bila berminyak harus bongkar dan dikeringkan. Bila itu semua baik-baik saja,kerusakan ada di aperturenya dan lebih baik diservis. Semoga membantu

Bekti Supriadi said...

Halo mba/mas anonymous trims sudah mampir. Kodak instamatic 66x memiliki format film 126mm yang sekarang ini sulit menemukan filmnya. Untuk kondisi kokangan ngelos seperti itu biasanya gir untuk kokangannya ada yang aus. Semoga membantu

Unknown said...

Mas mau tanya kalau mau restorasi tulisan yang udah pudar pake apa ya kira kira? Tulisan nikon kamera saya udah ilang pengen diadain lagi mas heheh

Bekti Supriadi said...

Trims mas Aldi Mansyah sudah mampir. Bila tulisannya legok kedalam, bisa menggunakan cat atau kutek warna hitam. Untuk awal coba dengan spidol permanen. Semoga membantu.

Pejalan said...
This comment has been removed by the author.
Bekti Supriadi said...

Halo mas Riski trims sudah mampir. Kerusakan tersebut membutuhkan keahlian untuk servisnya karena harus dibongkar. Lebih baik dibawa ke tukang servis. Harganya relatif terjangkau. Semoga membantu.

Admin_UwU said...

Slmat pagi pak, saya mau nanya, cara melepas lensa ricoh gx-1 gimana ya pak? Sekian & terimakasih.

Bekti Supriadi said...

Trims mas Willy Slesa sudah mampir. Ricoh GX-1 merupakan kamera rangefinder dengan lensa fixed atau fixed lensa dimana lensanya tidak bisa dibongkar pasang atau diganti-ganti. Bisa saja bila ingin melepasnya tapi dibongkar. Semoga membantu

Admin_UwU said...

Makasih pak, akhirnya tercerahkan juga, dari kemaren mau saya copot nggk bisa ��

Bekti Supriadi said...

Sama-sama mas Willy, semoga membantu.

Anonymous said...

permisi mass saya mau tanya, saya beli yashica gtn tp lensa nya ada sedikit jamur. kalo mau bersihin gimana ya caranya kan lensa nya fix tuh mas, ada cara lain ga mas bersiin jamur dr lensa nya? terimakasihh. -bobby

Bekti Supriadi said...

Trims mas bobby sudah mampir. Cara buka lensanya untuk membersihkannya dari depan lensanya mas. Buka yang berada di depan bagian lensa. Nanti satu persatu copot sendiri. Tapi bila tidak bisa dilakukkan sendiri, bawa saja ke tempat servis. Semoga membantu

Unknown said...

Mas kamera analog saya kotor di bagian prisma kayanya, kalo untuk biaya penggantian prisma biasanya berapa ya? Kamera saya canon ft ql

Bekti Supriadi said...

Trims sudah mampir mas Zein Achsan. Kurang lebih biayanya 100-200rb untuk prisma. Semoga membantu.

Unknown said...

Mas kalau body kamera macet kira" bisa dilakuin reparasi nggak ya di bagian prisma nya

Bekti Supriadi said...

Trims sudah mampir mas Pamerdy. Kalau body kamera macet masih bisa diservis. Prisma dengan mekanis kamera tidak saling berhubungan langsung. Dia fungsinya memantulkan bayangan ke viewfinder ketika kita intip. Semoga membantu.

Fathia said...

halo mas, saya punya minolta X-7, kokangnya macet gitu mas, gimana cara mengatasinya ya? terima kasih.

Bekti Supriadi said...

Trims mba Fathia sudah mampir. Minolta X-7 membutuhkan baterai untuk mengoperasikannya. Coba dicek dengan baterai baru. Apabila tidak bisa kemungkinan besar penyebabnya terletak pada elektroniknya bila secara kasat mata tidak ada kerusakan lainnya seperti hordeng yang robek. Semoga membantu.

Unknown said...

Mas apakah lensa yang fog bisa dibenerin?

Bekti Supriadi said...

Trims mas Dimas Setyo sudah mampir. Lensa fog sebenarnya bisa dicleaning tapi proses pembersihan cukup memakan waktu lama dan biayanya lumayan karena optik lensanya harus dibelah. Efek dari pembersihan fog ini akan mengangkat coating dan berefek kepada ketajaman serta warna lensa. Berbeda dengan lensa jamuran, walaupun dibersihan tidak terlalu berefek apa-apa. Lebih baik ganti dengan yang baru lensanya mas Dimas bila sudah fogging. Semoga membantu.

Unknown said...

Makasih mas pencerahannyaa😁 oiya saya punya 1 lensa yashica ml f 1.7 mau dibersihin dari jamur mas tapi pas mau mau dibuka lensanya katanya keras parah udah dikasih aseton sama pelumas wd padahal. Ada saran ga mas?

Bekti Supriadi said...

Trims mas Setyo sudah mampir. Untuk membuka bagian depan lensa biasanya ada ring untuk melindungi kaca lensa. Di sela-sela ring tersebut biasanya ada lekukan yang bisa kita gunakan dengan memakai obeng minus kecil untuk membukanya. Memang untuk beberapa kasus ring tersebut keras, bila dipaksa khawatir terkena kacanya. Bila melihat tukang servis,mereka biasanya menggunakan semacam karet bundar (agak sulit dibayangkan bila tidak melihat langsung) yang diletak pas di depan ring tersebut kemudian diputar muntuk membukanya. Bila jamur atau fogging di bagian tengah optik lensa, harus terlebih dahulu dibelah optik yang menyambung dengan sebelumnya membakar sisa lem agar meleleh baru dibelah. Semoga membantu.

Yo.CK said...

Halo mas. Saya mau tanya. Biasanya kalau bersihkan lensa jamuran itu pakai cairan apa ya? Air saja cukup kah? Atau harus alkohol atau cairan lain yang lebih keras?

Bekti Supriadi said...

Trims mas YO.CK sudah mampir. Bila jamur atau kotor pada lensa berada di luar optik bisa dibersihkan menggunakan cairan khusus pembersih lensa, monitor atau kacamata dan menggunakan kapas atau bahan yang lembut. Tapi bila berada di dalam optik, maka terlebih dahulu harus dibongkar. Semoga membantu

Ikhlas atariq said...

Mas bekti saya punya kamera analog yashica fx-3 si kokangnya macet, cara benerinnya gimana yah?

Bekti Supriadi said...

Trims mas Ikhlas Atariq sudah mampir. Terlebih dahulu harus dicek penyebab macetnya. Ada macet karena hordengnya yang putus. Bila ini terjadi harus diganti hordengnya ke tempat servis. Ada macet karena nyangkut. Buka bagian bawahnya dan cek apa ada yang mengganjal. Bila ada coba dibetulkan dan terlebih dahulu diberikan pelumas. Kemudian ada pula macet karena part per nya ada yang sudah aus atau kendur. Ini perlu dibawa ke tempat servis untuk diganti partnya. Semoga membantu

Unknown said...

Mas beberapa kamera analog saya tutup baterai nya udah ada yg mulai lecet. Jadi rada susah buka nya. Apa bisa diakalin mas? Ato kalo harus ganti, apa ada ganti nya?
Sebelumnya terimakasih

Bekti Supriadi said...

Trims sudah mampir mas Naufal Kayzell. Bila tutup baterai sudah haus sulit untuk dibuka dengan koin, biasanya kemana-mana bawa obeng minus. Karena tidak ada cara lain lagi, lebih baik dicari kanibalannya untuk diganti. Kanibalannya banyak terutama untuk tipe SLR. Semoga membantu

Unknown said...

Mas saya mau beli kamera slr fujica, tapi kata yg jual viewfindernya ga keliatan. Biasanya biaya untuk ganti viewfinder atau bersihinnya itu brp ya

Bekti Supriadi said...

Terima kasih mas/mba Unknown sudah berkunjung. Viewfinder yang tidak kelihatan bisa karena hanya kotor di bagian screen luar, ini masih bisa dibersihan sendiri. Tapi bila kotornya sudah parah dan ditambah sudah mulai ada jamur, biasanya yang harus diganti bagian prismanya. Tanya ke tukang servisnya apakah ada kanibalan untuk prisma fujica. Biayanya sekitar 100-200. Kami juga menyediakan kamera analog fuji dengan kondisi yang lebih baik bila mas/mba berminat, silahkan menghubungi nomor WA yang sudah tertera. Semoga membantu

Anonymous said...

Mas, kamera saya fuji dl-7 kokangnya macet, itu untuk memperbaikinya bagaimana ya?

Unknown said...

halo mas, saya punya canon AE-1 dan 3 buah telelens yg berjamur warisan nenekmoyangkuseorang pelaut, mau tanya kalau servis atau membersihkan jamur di viewfider di jakarta dimana ya

Fathul said...

Hallo mas, izin tanya tempat bersihkan vf dan lensa berjamur di daerah bandung dimn ya? Thx

Misbahrizky said...

Halo mas, saya punya fujica mpf105 yg viewfindernya kotor. Kira2 kalau di bersihin di tempat service brp biayanya?

Unknown said...

mas saya punya Yasicha Mg-1 kokang & shutternya stuck, cara benerinnya gimana ya ?

Cecep 81 gt said...

Slmt Agan camera jadul saya Pentax Asahi 2. Tdk bisa melihat objek yg mau di potret
Mhn pencerahan. Salam Cecep cijantung

Bekti Supriadi said...

Trims mas cecep sudah mampir. Bisa dijelaskan lebih detail tidak melihatnya seperti apa? Apa karena viewfindernya kotor, prismanya yang sudah kena atau mungkin karena kaca/mirror reflex nya dalam kondisi ke atas atau tidak turun ke bawah

Bekti Supriadi said...

Trims sudah mampir mas unknown. Lebih baik dibawa ke tukang servis karena shutternya juga kena. Agak sulit bila dicoba betulkan sendiri. Semoga membantu

Bekti Supriadi said...

Trims sudah mampir mas Misbahrizky. Bila hanya kotor viewfinder nya, mungkin tidak sampai 50rb. Tapi bila prisma nya yang kena harus diganti dan butuh kanibalan. Harga kanibalan prisma bisa 50rb-100rb dengan biaya servisnya mungkin mas siapkan dana 200rb. Semoga membantu

Bekti Supriadi said...

Trims sudah mampir mas Fathul. Di Bandung sebenarnya banyak tempat servis kamera analog. Contohnya Ada ARW di jl. Morce l,Braga dan Kamal Foto di jl. Braga 91-97. Semoga membantu

Bekti Supriadi said...

Trims mas unknown sudah mampir. Kalau di Jakarta, bawa aja ke pasar baru disana tempat yang recommended untuk servis dan cuci lensa di gedung globe lt.1 dengan koh Halim. Semoga membantu

Bekti Supriadi said...

Trims sudah mampir mas/ma Anonymous. Untuk ngeceknya buka bagian bawah kamera dengan obeng kecil. Sambil di kokang perlahan, lihat bagian mana yang mengganjal. To'el dengan obeng. Lalu kokang dan jepret. Jangan lupa diberi pelumas. Bila tidak bisa sendiri, bawa sajs ke tukang servis. Semoga membantu

bajoeangin said...

kamera canon af35ml lensa ada bercak/jamur bagian dalam bisa di bersihkan ga ya?

Unknown said...

Halo mas mau tanya,punya info tempat scan dan cuci film daerah tegal,pekalongan,batang,semarang nggak ma???

Bekti Supriadi said...

Terima kasih sudah mampir mas/mba unknown. Dari pantauan sesama pengguna kamera analog, banyak tempat cuci film yang masih aktif itu di yogya dan Malang. Untuk yang disebutkan diatas masih minim info. Akan tetapi sekarang ini banyak juga yang membuka jasa cuci film online, bisa digoogling. Semoga membantu

Unknown said...

Mas untuk membersihkan shutter kamera analog yang haus gimana yah mas ?

Bekti Supriadi said...

Terima kasih sudah berkunjung mas/mba unknown. Bila shutter kondisinya sudah haus lebih baik diganti. Cari spart part kanibalannya yang sesuai. Kecuali kondisinya karat atau kotor masih bisa dibersihkan. Semoga membantu

Bekti Supriadi said...

Trims sudah mampir mas Bajoeangin. Lensa Canon Af35ml yang berjamur bagian dalamnya masih bisa dibersihkan. Datang ke tempat servis dan cuci lensa. Biasanya lensa akan dibuka semua bagian. Semoga membantu

gakbrenti said...

sori kalo OOT mas, mau nanya, tempat servis kamera analog dimana ya mas yang rekomen dari segi hasil dan harga. terima kasih mas.

Bekti Supriadi said...

Terima kasih sudah bekunjung kembali mas Notfamous. Bila mas di Jakarta bisa service dengan Koh Halim di gedung globe Pasar baru. Banyak pengguna kamera analog merekomendasikannya. Semoga membantu

Contact Us

Phone/WhatsApp :

+62 87888349677

Address :

15th Kukusan Beji, Depok,
West Java

Email :

bekti.supriadi@gmail.com






Testimonial

testi1

Eternal Light Digital Marketing Service sangat membantu saya memperluas jangkauan customer. Brand kami lebih dikenal banyak orang. Sukses terus Eternal Light

Winda Ayu

Owner ON Trip



Our Video



Ketik->Enter->Let's Go