Thursday, November 2, 2017

Rangefinder Olympus 35 SP dan SPN (Tandingan Leica)

bagian depan olympus 35 sp  

Ready olympus 35 SPN
Dijual Kamera Analog Rangefinder Olympus 35 SP. Kamera ini diproduksi pada tahun 1969 sampai 1972 oleh Olympus Optical Company, Ltd, Japan. Ini adalah satu-satunya kamera analog rangefinder yang memiliki dua metering dalam satu kamera, yakni center weighted metering dan spot metering. Banyak informasi yang bisa sobat dapatkan mengenai kamera ini, namun tidak mudah menemukannya terutama di Indonesia. Kamera ini termasuk barang langka saat ini. Pengguna kamera analog tahu betul mengapa kamera ini sangat diandalkan. Salah satunya adalah karena kamera ini dapat menyaingi RF Leica. Berikut ini link yang mengulasnya: Klik Di sini. Di link tersebut, sobat dapat melihat mengapa kamera ini dapat menyaingi RF Leica. Terutama lensanya sangat cepat dan tajam. Bila Leica menggunakan empat jenis lensa, yaitu 35mm f/1.4 SUMMILUX, 50mm f/2 SUMMICRON, 35mm f/2 SUMICRON dan 50mm f/1.4 SUMMILU, Olympus 35 SP hanya membutuhkan satu lensa sejenis yang sama levelnya yaitu G. Zuiko 42mm f/1.7. Oleh karena itu, lensanya sering disebut SUMMILUXICRON. Selain itu, kamera ini dapat digunakan secara auto exposure (AE) dan manual. Di luar negeri, untuk kamera second ini dibandrol dengan harga $100-$400.

 Spek:
-Brand: Olympus 35 SP
-Buatan: Olympus Optical Company, Ltd, Japan
-Tahun: 1969-1972
-Warna: Silver chrome
-Lensa: G. Zuiko 42mm f/1.7, 7 elements 4 groups
-Aperture: Auto exposure f/1.7-f/22, f/1.7-f/16 manual mode
-Shutter speeds: Manual mode 1/1-500 +B
-Shutter: Seiko mechanical leaf shutter
-Focus range: 85 meter/2.8 feet-infinity
-Focusing: Manual, double image coupled rangefinder
-Automatic exposure control: Fully automatic program exposure, EV 5.5-17 ASA 100
-ASA: 25-800
-Flashmatic system: Guide number scale 10-80m/32ft-260ft)
-Exposure meter: Center weighted dan 6 degree spot metering, EV 3-17 manual mode
-Filter: 49mm
-Self timer: 10s (dapat digunakan bila ada film)
-Berat: 600gram
-Baterai: PX625 mercury 1.35v

 Minat?
*Gratis cara penggunaan kamera untuk pemula (PDF)
Bonus 1 roll film ASA 200 bagi yang tidak nawar!

Harga: Rp. 1.800.000/belum termasuk ongkir
Hub: WA/Line 085695283113
COD: Depok dan Jakarta Timur
Bagi yang berada di luar kota akan dikirim via JNE/TIKI/ANS EXPRESS


Olympus 35 sp depan

olympus 35 sp atas

bagian belakang olympus 35 sp

bagian bawah olympus 35 sp

bagian dalam rangefinder Olympus 35 SP

12 comments:

  1. Mas bekti, mahal ya mas hehhehe gak bs kurang tuh harganya? 😁😁😁😄 msh berfungsi semua mas? Btw mending ngambil ini atau fm2 nikon? Mksh mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dijawab di WA ya mba Novita Handoyo. Trims

      Delete
  2. Malam mas.. masih ada nggak barangnya? kondisi kamera gimana?
    Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas/mba BreathemyAIR teims sudah mampir. Untuk Olympus 35 SP saat ini stocknya sedang habis. Ready stock Olympus 35 RD, RC dan DC. Kondisi masih berfungsi dengan baik. Silahkan hubungi nomor yang sudah tertera bila minat. Trims

      Delete
  3. Replies
    1. Halo mas Nathan Bravian trims sudah mampir kembali. Untuk harganya silahkan langsung hubungi nomor hp yang sudah tertera karena belum ada postingannya untuk kamera tersebut.

      Delete
  4. ini kamera kalo ga pake batrei berfungsikah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Terra Patriana, trims sudah berkunjung. Kamera ini bila tidak menggunakan baterai mekanisnya masih bekerja. Baterai dipakai bila ingin menggunakan metering atau mode auto. Semoga membantu.

      Delete
  5. terimakasih mas bekti untuk penjelasannya..dan untuk baterai nya yg susah dicari..adakah alternatif lain pengganti px625..dan saya juga sedikit kesulitan untuk mendapatkan gambar focus..apakah cara kerja focusny sama seperti kamera slr? atau berbeda..terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baterai PX625 memang agak sulit ditemukan mba Terra. Coba dicari via online terkadang ada yang jual. Tapi bisa dicoba dengan menggunakan LR44, kadang bisa berfungsi walaupun beda voltagenya. Olympus 35SP merupakan kamera analog rangefinder. Untuk fokusnya kita lihat dari patch kuning di viewfinder. Kemudian gerakan ring fokus dilensa nanti ada dua buah bayangan dari objek. Dikatakan fokus bila dua bayangan tersebut sudah menyatu. Semoga membantu.

      Delete
  6. Cara melihat lightmeter olympus 35sp fungsi atau tidak kaya gmn yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims sudah mampir mas/mba like father like son. Light meter Olympus 35SP berupa jarum, bisa dicek di viewfidernya. Bila fungsi jarum meteringnya akan bergerak naik turun. Semoga membantu.

      Delete