Sunday, September 18, 2016

Rangefinder Yashica Electro 35 GSN

Yashica electro 35 GSN tampak depan  
Rp 850,000
Ready Stock 

Dijual Kamera Analog Rangefinder Yashica Electro 35 GSN warna chrome dan Yashica Electro 35 GTN warna hitam tahun produksi 1973, made in japan. Yashica electro 35 sendiri pertama kali diproduksi pada tahun 1966 dan merupakan kamera pertama yang dikontrol secara elektronik, terutama dengan aperture priority mode auto. Terdapat 10 tipe dari Yashica electro 35, yakni Yashica electro 35 (1966), Yashica electro 35 G (1968), Yashica electro 35 GT (1969), Yashica electro 35 GS (1970), Yashica electro 35 GTN, GSN, GL (1973), Yashica electro 35 GX, Yashica electro 35 CC dan Yashica electro 35 FC. Perbedaan dari seri Yashica electro 35 ini terdapat pada warna, ASA (Yashica eletro 35 pertama 12-400, G dan GT sampai 500 dan GS-selanjutnya 25-1000) dan hot shoe untuk flash (Yashica electro 35, G, GT dan GS memiliki 'cold' accessory shoe). Tulisan 35 mengacu kepada format film yang digunakannya yakni film 135mm, G mengacu kepada 'Gold plated' yaitu kontak listrik internal berwarna emas yang berlapis untuk mencegah oksidasi dari penghambatan aliran listrik, N berarti sudah memiliki hot soe, S berarti tidak ada cahaya ketika mengetes baterai dari shutter dan rewind crank, T berarti black body.Yang admin jual adalah Yashica electro 35 GSN. Cara menggunakannya mudah saja sobat. Kamera ini termasuk rangefinder elektronik, sehingga sudah ada metering berupa lampu parallax berwarna orange dan merah yang mengoreksi kondisi cahaya. Terutama yang sobat mainkan di kamera ini adalah diafragma/aperture. Shutter speed dilakukan secara otomatis dari 1/30-1/500 dan melihat metering dengan menekan setengah tombol shutter. Ketika shutter speed untuk aperture yang sobat pilih lebih rendah dari 1/30, lampu berwarna oren akan menyala dan sebaliknya jika lebih cepat dari 1/500 warna merah akan menyala. Jika kedua lampu menyala terus, berarti sobat harus menggunakan tripod. 

-Kondisi: Bodi 99% masih mulus sisanya ada bekas pemakaian, metering dan lampu hidup, aperture lancar, self timer jalan, fokus mantap, kokangan lancar, viewfinder bersih, ruang film bersih, dan lensa no fog no jamur. 
-Kelengkapan: kamera, lensa, filter/lenscap, baterai (bukan baterai aslinya) dan strap.
Spek:
-Nama kamera: Yashica electro 35 GSN, Made in Yashica Japan
-Tipe: Elektronik rangefinder camera
-warna: Black dan Satin chrome
-Ukuran filter: 55mm
-Shutter speed: 1/30s-1/500s (automatic) +B dan for flash
-ASA: 25-1000
-Lensa: Color-Yashinon DX 45mm f/1.7
-Metering: Parallax dengaan lampu indikator orange dan merah
-Baterai: aslinya mercury 5.6V (telah dilarang karena masalah lingkungan). Admin menggantinya dengan Panasonic lithium CR123A diganjal dengan 2LR44 (masih ada dipasaran) atau 8 buah LR44 diselotip.

*Gratis 1 buah roll film ASA 200 bagi yang tidak nawar!
Bonus cara penggunaan kamera bagi pemula (PDF)

Minat???

Harga: Rp. 850.000/belum termasuk ongkir
Hub: WA/Line 085695283113
COD: Depok dan Jakarta Timur
Bagi yang berada di luar kota akan dikirim via JNE/TIKI/ANS Express


Yashica electro 35 GSN  tampak depan

bagian atas Yashica Electro 35 GSN

Bagian belakang Yashica electro 35 GSN

Bagian bawah Yashica electro 35 GSN

Bagian dalam Yashica Electro 35 GSN

Lensa Yashica electro 35 GSN

50 comments:

  1. kalo yashica electro 35GSN ini dibandingkan dengan canonet QL17 GIII, lebih baik yg mana? jika dilihat dari spek, kelebihan dan kekurangannya masing-masing. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Santi Holmes trims sdh mampir. Sebenarnya balik lagi keperluan dan kesukaan masing-masing orang berbeda-beda. Bila ingin yang lebih simple mungkin pakai Yashica 35 GSN, pakai autonya tinggal mainkan aperture dan ASA, speed sudah diatur automatis. Namun bila dipakai tanpa baterai menjadi manual speed hanya main di 1/30 dan 1/500. Bodi kameranya pun agak besar. Canonet QL17 bodinya lebih kecil. Bisa dipakai tanpa baterai menjadi full manual kita yang atur semua, speed main secara keseluruhan. Bila pakai auto pun kita masih harus menentukan aperture, speed dan ASA tergantung cahaya. Semoga menjawab.

      Delete
    2. untuk kualitas gambar dan detilnya?

      Delete
    3. Thanks sudah mampir mas/mba unknown. Untuk kualitas hasil tergantung fotografernya dalam mengolah cahaya dan objek. Semoga membantu.

      Delete
  2. Mas apa saja sih yg harus di cek ketika beli kamera type yashica 35 gsn ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Ghulam Ahmed trims udh mampir. Yang perlu diperhatikan ketika beli Yashica electro 35 GSN adalah autonya, karena kamera ini tipe electro aperture priority. Usahakan autonya berfungsi dgn baik tandanya lampu indikator nyala di luar maupun tanda panah di dalam. Kalau cek batre tidak fungsi tdk masalah. Klo ini tidak berfungsi speed main di 1/30 dan 1/500. Selain itu tentunya rumah batre dicek dan dalam keadaan baik, per tidak ada yg patah, kalau karat an atau kotor dibersihkan. Ring aperture main ditiap bukaan dan ring speed pun berfungsi. Kemudian tombol realeas/untuk jepretnya cari yang masih rada keras, jgn yang terlalu empuk. Di situ ada (POD) path of death yang mempengaruhi fungsi auto. Semoga membantu.

      Delete
  3. masih adakah barangnya ? kamera Yashica Electro 35 GSN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada mas Asriadi Syarif, silahkan.

      Delete
    2. dapat tas sama tali kameranya enggak?

      Delete
    3. Tali dapat, cumn stock tasnya lg kosong

      Delete
    4. Sudah tersedia mas di 'We are open' coba di cek. Ada WA dan ID Line juga. Trims

      Delete
  4. mas barangnya masih ada kah? saya tertarik sama kameranya

    ReplyDelete
  5. Masih ada mas Rfly Alf, langsung hubungi nomor yang sudah tertera. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya sms om tapi om belum balas

      Delete
  6. Nomornya tidak salah mas Fly? Tidak ada yang masuk. Lebih baik WA saja.

    ReplyDelete
  7. Kira-kira kalo mau service kamera model yashica ini dimana ya mas utk daerah jakarta mungkin mas tau. Tolong bantu ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas/mba Unknown trims udah mampir. Mungkin yang recommended di pasar baru gedung globe dengan koh Halim.

      Delete
  8. kalo untuk pemula susah enggak ya mas perawatan kamera ini, trs hal dan bagian bagian mana saja yangperlu di perhatikan pada kamera yashica ini ? kalo sekarang harga nya masih sama ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Gerry Anugrah trims udh mampir. Kamera ini sangat mudah baik pengoperasian dan perawatannya. Yang perlu diperhatikan pertama adalah baterainya. Pastikan batre dicabut apabila kamera tidak digunakan dalam waktu lama karena bisa merusak rumah baterainya dan aliran listrik tidak sampai ke elektriknya. Usahakan optik lensa dijaga kebersihannya. Ring aperture juga dijaga fungsinya karna kamera ini aperture priority dan terakhir adalah jaga fokus RF nya, bila sudah tidak menyatu fokusnya harus di CLA. Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi nomor hp yang tertera.

      Delete
  9. apakah kamera ini harus menggunakan baterai untuk mengoperasikan? Bagaimana jika hanya digunakan untuk mengambil gambar tanpa menggunakan light metering? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Rizqy Ramadhan, trims udah mampir. Kamera ini sebenarnya bisa dipakai tanpa menggunakan baterai. Tetapi speed hanya main di 1/30 dan 1/500 saja, speed B juga tidak main. Untuk aperture berfungsi semua. Meteringnya menggunakan 16 rules sunny. Semoga membantu.

      Delete
  10. mas, cara buka belakangnya gimana ya?, terus isinya apa?, baru dikasih sama kakek wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims mas/mba Axelblog sudah mampir. Di bagian atas sebelah kiri ada tuas bulat, itu ditarik ke atas sampai bagian belakangnya terbuka sendiri. Isinya pakai roll film/klise. Semoga membantu.

      Delete
  11. Apa filmnya msh ada di pasaran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims mas/mba unknown sudah mampir. Roll film masih banyak yang jual dipasaran. Bahkan sekarang banyak juga yang jual via online. Semoga membantu.

      Delete
  12. Halo mas Bekti, saya mau nanya, apabila Yashica MG-1 tidak menggunakan baterai, apakah masih bisa dipakai? Atau kasus nya akan seperti Yashica Electro 35 bila tidak menggunakan baterai (Speed hanya bermain di 1/30 & 1/500) ?

    Dan pertanyaan saya selanjut nya, dalam kondisi apa/bagaimana kita bisa tahu kondisi kamera Yashica Electro 35 yang tanpa baterai, sedang bermain di Speed 1/30 atau 1/500?

    Terima kasih mas Bekti sebelum nya

    ReplyDelete
  13. Hai Mas Biyan Rizaldy trims sudah mampir. Untuk lebih maksimalnya memang dianjurkan untuk menggunakan pada kamera analog jenis ini. Namun terkadang situasi yang tidak memungkinkan memaksa kita untuk tidak menggunakan baterai. Pada Yashica MG-1 sebenarnya kasusnya tidak jauh berbeda dengan Yashica seri Electro 35. Yashica MG-1 adalah seri terakhir sebelum masuk era bodi berbahan plastik seperti Yashica MG-2. Bila tidak memakai baterai, speed hanya 1/500s tercepat dan 1/30s terendah. Tanda flash pada tuas bagian atas kamera (auto-flash), pasti menggunakan speed 1/30s karena tanda flash tersebut memang diset hanya speed tersebut dan pada saat tidak memakai baterai, pembacaan metering Yashica MG-1 pun diset untuk kedua speed tersebut. Untuk mengetahuinya kita bisa menggunakan dua cara. Pertama bisa mengandalkan 16 rules sunny dimana feeling pun bermain. Kita ingat kalau speed tinggi biasanya digunakan pada saat cahaya berlebih, tinggal kita seimbangkan aperture dan ASA tergantung cahaya yang masuk, biasanya bunyi shutter berbeda. Bila kondisi cahaya sebaliknya pun demikian. Cara kedua, bila mas punya metering eksternal juga bisa diandalkan. Semoga membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Bekti penjelasan nya, dan saya ada pertanyaan lagi, karena Olympus Trip 35 tidak menggunakan baterai bagaimana kita bisa tahu apakah foto yang kita ambil under/over exposure? Dan apabila mode Auto nya mati, apa saja kendala yang akan dialami pengguna? Terima kasih sekali lagi mas

      Delete
    2. Olympus trip 35 itu bisa masuk ke tipe kamera analog rangefinder dengan zone focusing, viewfinder, compact atau juga point and shoot mas Biyan Rizaldy. Metering berupa selenium cell yang ada di depan lensa bentuknya seperti diamond. Selenium cell inilah sebenarnya yang harus dijaga karna trip35 membaca cahaya dari sini. Trip 35 fully automatic programmed exposure, terutama saat menggunakan mode A tinggal set focus, kokang dan jepret. Mode manual hanya set focus, aperture dan jepret, sisanya dilakukan otomatis oleh kamera. Speed hanya ada dua 1/40s dan 1/200s, jika pakai flash speed pasti 1/40s. Bila low light akan ada tanda warna merah keluar pada saat pakai mode A dan shutter ketahan. Arahkan ke cahaya yang benar sambil shutter release ditekan. Jadi tidak usah khawatir soal under/over exposure, tinggal jepret. Bila mode auto mati sejauh ini belum ditemukan kendala karna ada mode manual. Biasanya mode A jarang rusak, pasti ngejepret. Namun karna usia, tanda merah yang biasanya tidak keluar bila low light. Semoga membantu.

      Delete
    3. Karena selenium hanya sebagai indikator cahaya jadi ketika selenium rusak bukan suatu kendala begitu mas? Asalkan mode a tetap fungsi?

      Delete
    4. Halo mas Udin Senpai trims sudah mampir. Untuk Olympus trip 35 selenium cell rusak biasanya akan mengganggu kinerja mode autonya karena kamera ini tidak menggunakan baterai sama sekali. Tapi bila memang mode autonya berfungsi hal tersebut tidak jadi masalah. Semoga membantu.

      Delete
    5. Cara mengetahui apakah mode auto berfungsi dengan baik bagaimana mas? Terimakasih sekali ya mas sudah membantu

      Delete
    6. Bila lowlight di viewfinder muncul tanda warna merah dan shutter tidak mau jepret atau ketahan mas Udin Senpai. Trims

      Delete
  14. Replies
    1. Trims sudah mampir mas Chairustakmal Syadeli. Yashica 35 GSN masih ada mas. Silahkan untuk lebih lanjutnya menghubungi nomor hp yang sudah tertera.

      Delete
  15. Mau nanya, kalo bulb mode nya mati ngaruh banyak ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims sudah mampir mas/mba FARRR. Bila speed B mati atau tidak berfungsi tidak berpengaruh apapun ke mekanis kamera. Namun speed sangat berguna bila dalam kondisi lowlight. Semoga membantu.

      Delete
  16. nanya dong.. kalau menggunakan kamera yashika elektro 35 tanpa batre apakah sutter speednya berfungsi secara otomatis atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims sudah mampir mba/mas unknown. Usahakan untuk kamera analog Yashica electro 35 dan sejenisnya kita memakai baterai, agar fungsi dan hasilnya lebih maksimal. Namun bila tidak memakai baterai, kamera hanya akan main di 1/30s dan 1/500 atau bisa lebih lambat. Tinggal kita menggunakan 16 rules sunny dan menyesuaikannya. Semoga membantu.

      Delete
  17. numpang tanya gan. mohon bantuannya
    saya dirumah ada kamera yashicamg-1. sudah sekitar 15 tahunan tidak dipakai. untuk mengetahui fungsi dari kelistrikan masih berfungsi atau tidak seperti ap yah.
    dan dia pakai baterai apa
    apakah 4lr44 bisa?
    terimakasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims sudah mampir mba/mas anonymous. Untuk mengetahui kelistrikannya harus menggunakan baterai. Bisa menggunakan baterai CR123+2 buah LR44. Plus minus harus sejajar. Kemudia set aperture lalu arahkan ke cahaya dan tahan shutter release setengah. Bila masih bagus, lampu indikatornya di bagian atas akan menyala. Semoga membantu.

      Delete
  18. mas saya mau nanya, saya punya yashica electro 35, saya pake batre cr123 sama lr44, tapi mungkin karna voltnya lebih besar jadi ga akurat lightmeternya, katanya bisa dikalibrasi mas, cara kalibrasinya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims surah mampir mas Ivan. Sudah dijawab via line ya. Semoga membantu.

      Delete
  19. mas saya mau nanya, saya punya yashica electro 35, saya pake batre cr123 sama lr44, tapi mungkin karna voltnya lebih besar jadi ga akurat lightmeternya, katanya bisa dikalibrasi mas, cara kalibrasinya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims surah mampir mas Ivan. Sudah dijawab via line ya. Semoga membantu.

      Delete
  20. masih ada kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims sudah mampir mba/mas anonymous. Yashica gsn masih ada, silahkan menghubungi nomor hp yang sudah tertera. Trims

      Delete
  21. Mas saya rencana mau beli yashica mg 1 untested, nah itu untested karna kamera gaada batrenya, saya mau coba beli batrenya saya harus pake tipe batre apa ya mas? Boleh kontak line saya diline : rzangrh14 atau email saya rezaanugrahsocial@gmail.com
    Mohon bantuannya yah mas trimakasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims sudah mampir mas Reza Anugrah. Sudah dibalas via line. Trims

      Delete