Friday, January 31, 2014

Penti II Th.1961 German Timur

Penti II tampak depan
Rp 900,000
Sobat-sobat analog admin mau jual koleksi admin yang termasuk unik nih, Kamera Analog Penti II tahun produksi 1961-1977, buatan GDR (German Timur). Sengaja dibuat oleh German Timur untuk menyaingi Agfa, German Barat waktu tembok Berlin masih berdiri kokoh. Kamera ini diproduksi oleh perusahaan kamera German Timur bernama Welta dan diperkenalkan oleh pendahulunya Pentacon yaitu VEB Kinowerke. Penti II mirip sekali dengan Penti I, bedanya Penti I tidak ada metering tapi pakai exposure metering di kedua sisi viewfinder-nya. Keduanya hanya bisa memakai flash bulb 1/30s. Setelah Penti I dan II keluar, selanjutnya kamera asli Penti disebut Penti 0. Yang unik dari kamera ini adalah:

1. Kamera ini sempat diperdebatkan oleh master-master analog luar negri. Termasuk tipe kamera analog mana, Rangefinder, viewfinder atau half frame. Kamera ini mencari jarak juga (rangefinder) tapi tidak mempertemukan dua fokus, layaknya seperti viewfinder. Meteringnya berupa selenium jarum tapi ada di dalam viewfinder. Di lensa ada diafragma/bukaan, jarak dan shutter speed. Nah yang bikin aneh lagi kamera ini juga half frame. Jadi menurut admin ini kamera jadinya, Range-viewfinder half frame analog camera. 

2. Penti II ini warnanya cukup "ngejreng" bila dibandingkan dengan kamera analog pada umumnya. Warnanya Gold (emas) tapi ada juga yang warna silvernya. 

3. Case (tempat kamera) seperti dompet make up wanita. Sepertinya kamera ini dahulunya diperuntukkan untuk kaum hawa. Ada juga case yang berbentuk bungkus rokok. 

4. Tidak memiliki lever (gagang kokangan) seperti analog pada umumnya. Sebagai penggantinya ada sebuah "batang tongkat pendorong" di sisi kiri dan harus di dorong setelah dijepret untuk mengganti frame film.

5. Uniknya lagi kamera ini pakai SL-system (Schanell Lade-System= fast load system) yang memiliki 2 buah cartridges  untuk tempat film. Kalau yang satu sedang loading film, satunya lagi akan kosong. Jadi sistemnya kalau kita kokang dan frame film bakal tergeser dari cartridge yang satu ke yang lainnya, gambar per gambar. Sistem ini mengikuti Agfa rapid system. Karena ini half frame dengan sistem yang demikian, hasilnya nanti seperti multy exposure dimana 1 frame seperti terbagi dua karena masuk ke dalam 2 cartridge.

6. Anehnya lagi, kamera ini memakai format film 35mm tapi cartridge-nya hanya dapat menampung 12 full frames, kalau half frame jadi 6 frames. Tapi terkadang kita bisa paksain jadi 24 full frames (12 half frames) namun hal ini terjadi kalau kita pakai film yang sudah expire lama banget dan sangat melengkung, so masih banyak yang tersisa dari 36 frames normalnya. Kalau sobat mau 36 frames masuk semua, butuh sedikit perjuangan untuk memaksakannya masuk ketika di loading.

-Kondisi: Seperti pada foto. Body mulus 90% sisanya bekas pemakaian. Lensa no fog no jamur, bukaan mantap, selenium metering jalan dan lainnya masih berfungsi semua.
-Kelengkapan: Bodi, lensa fixed Meyer Domiplan 30mm f/3.5, strap dan case aslinya seperti dompet make up wanita.

Spek detail:
-Film: 35mm
-Type: Rangefinder, viewfinder, half frame analog
-Frame size: 18x24mm half frame
-Lensa: Meyer Domiplan 30mm f/3.5
-Shutter Speeds: 1/125 +B
-Focus: Manual, Aperture control 
-Exposure: Manual
-Metering: Selenium di viewfinder
-Lever: tidak ada kokangan tapi berupa tongkat di sebelah kiri
-Baterai: No baterai

Bonus 1 roll film ASA 200 bagi yang tidak nawar!

Minat?

Silahkan yang mau bereksperimen....

Hub: WA/Line 085695283113
Harga: Rp. 900.000 (nego)/belum termasuk ongkir
COD: Jakarta Timur dan Depok
Bagi yang berada di luar kota akan dikirim via JNE/TIKI/ANS EXPRESS




Penti II tampak depan

Penti II tampak atas

peenti II tampak dalam

Tampak belakang Penti II

viewfinder penti II

Caase kulit asli kamera

No comments:

Post a Comment