Wednesday, December 18, 2013

Info Lomba, Event untuk Hunting Foto dan Seminar Analog

PT ANGKASA PURA I (PERSERO) PRESENTS
AIRPORT PHOTO CONTEST 2014  

Poster photo contest angkasa pura I

Dalam rangkaian peringatan ulang tahun emasnya, PT Angkasa Pura I (Persero) menggelar lomba fotografi bertajuk "Airport Photo Contest 2014". Kegiatan yang terbagi dalam 3 (tiga) kategori lomba ini menyediakan hadiah uang tunai bernilai total Rp 77 juta.
"Lomba fotografi bertema 'Kemuliaan Melayani' ini dibagi dalam tiga kategori, yaitu untuk karyawan, jurnalis, dan masyarakat umum. Kategori Umum adalah masyarakat umum termasuk pelajar, mahasiswa, dan profesi lainnya. Kategori Jurnalis adalah pewarta foto/fotografer media cetak lokal, nasional, internasional, kantor berita, atau media online. Sedangkan Kategori Karyawan meliputi karyawan/karyawati Angkasa Pura Airports, baik karyawan organik, PKWT, atau outsourcing Angkasa Pura Airports serta anak-anak perusahaan, yayasan, maupun afiliasinya. Dari setiap kategori ini akan dipilih empat juara dan 10 nominator terbaik," ujar Corporate Secretary Angkasa Pura Airports Farid Indra Nugraha.
Menurut Farid, karya foto yang diikutsertakan harus menggambarkan semangat melayani di bandara, dapat berupa pelayanan yang dilakukan oleh insan bandara maupun fasilitas di bandara yang ditujukan untuk memberikan pelayanan kepada pengguna jasa bandara. Objek foto dapat berupa bangunan/fisik maupun aktivitas yang terjadi di salah satu dari 14 bandara di kawasan tengah dan timur Indonesia yang dikelola oleh Angkasa Pura Airports, yaitu Bandara Adi Sutjipto (Yogyakarta), Bandara Adisoemarmo (Surakarta) Bandara Ahmad Yani (Semarang), Bandara Juanda (Surabaya), dan Bandara I Gusti Ngurah Rai (Bali). Selain itu Bandara Internasional Lombok (Praya), Bandara Selaparang (Mataram), Bandara Eltari (Kupang), Bandara Syamsudin Noor (Banjarmasin), Bandara Sepinggan (Balikpapan), serta Bandara Sam Ratulangi (Manado). Juga Bandara Sultan Hasanuddin (Makassar), Bandara Pattimura (Ambon), dan Bandara Frans Kaisiepo (Biak).

Ketentuan umum lomba ini antara lain:
  • Karya foto yang dikirimkan berupa file digital dengan sisi terpanjang min. 1024 pixel dan resolusi min. 300 dpi dalam format JPG dan dikirimkan melalui email ke: airportphoto@angkasapura1.co.id. Setiap file foto diberi nama: "Fotografer-Judul Foto-Lokasi.jpg"
  • Khusus Kategori Jurnalis, karya foto yang dikirimkan merupakan foto yang pernah dipublikasikan di media cetak atau media online masing-masing pada periode 1 Januari 2012 s/d 27 Juni 2014 (dibuktikan dengan melampirkan softcopy kliping/bukti tayang).
  • Karya foto bukan merupakan hasil manipulasi digital. Penyuntingan minor diperbolehkan sebatas cropping atau penyesuaian pencahayaan, tanpa mengubah keaslian objek foto. 
  • Di setiap karya yang dikirimkan harap dicantumkan kategori peserta, judul foto, lokasi pengambilan foto, keterangan foto, nama fotografer, alamat lengkap, nomor telepon/HP, alamat email, serta melampirkan scan KTP/SIM (Kategori Umum), Kartu Pers (Kategori Jurnalis), atau ID Card (Kategori Karyawan).
  • Setiap karya foto yang dikirimkan menjadi milik panitia dan Angkasa Pura Airports berhak mempublikasikan foto-foto tersebut dengan tetap mencantumkan nama pemegang hak cipta (fotografer pemilik foto).
  • Setiap peserta dapat mengikut sertakan maksimal 5 (lima) buah karya foto.
Kategori Umum
Juara I uang tunai Rp 7.500.000,-
Juara II (Rp 5.000.000,-)
Juara III (Rp 3.000.000,-)
Juara Harapan I (Rp 2.000.000,-)
10 Nominasi Terbaik masing-masing Rp 500.000,-

Untuk Kategori Jurnalis
Juara I berhak atas uang tunai Rp 10.000.000,-
Juara II (Rp 7.500.000,-)
Juara III (Rp 5.000.000,-)
Juara Harapan I (Rp 2.500.000,-)
10 Nominasi Terbaik masing-masing Rp 1.000.000,-. 

Kategori Karyawan
Juara I akan mendapatkan Rp 5.000.000,-
Juara II (Rp 3.000.000,-)
Juara III (Rp 2.000.000,-)
Juara Harapan I (Rp 1.000.000,-)
10 Nominasi Terbaik masing-masing Rp 250.000,-.

Batas akhir pengiriman foto adalah 30 Juni 2014 mendatang
Para pemenang akan diumumkan minggu ke-2 Juli 2014 di Klik Di sini
Info lebih lanjut dapat di akses melalui situs resminya  Di sini


PAMERAN FESTIVAL FOTO SURABAYA (FFS) 2014

 Daftarkan Foto Terbaik Anda dalam 'Pesta Fotografi Pertama dan Terbesar di Wilayah Timur Indonesia

Poster pameran fotografi surabaya dibuka

 Pameran:
26 Mei-1 Juni 2014 @Atrium utama-Grand city Surabaya
Pendaftaran Peserta Pameran: 
1 Februari 2014-15 Maret 2014

SYARAT DAN KETENTUAN PESERTA PAMERAN FOTO FFS 2011

A.  Persyaratan Umum Calon Peserta Pameran Foto FFS 2014 
Pendaftaran keikutsertaan dalam pameran dimulai pada 1 Februari 2014 hingga 15 Maret 2014.
Calon peserta pameran adalah fotografer dan masyarakat umum dari berbagai aliran fotografi yang memiliki energi besar untuk terus bereksperimen dan mengekspresikan karya-karyanya . Calon peserta pameran adalah WNI yang bertempat tinggal di wilayah Republik Indonesia. Calon peserta harus mengisi dan mengembalikan Formulir Keikutsertaan Pameran FFS beserta file yang akan diikutsertakan dalam proses kurasi paling lambat tanggal 15 Maret 2014. Formulir dapat diunduh pada fanpage FFS 2014: Di sini
Calon peserta minimum berusia 7 tahun pada Mei 2014. Bagi calon peserta berusia 7 - 16 tahun harus melampirkan surat persetujuan mengikuti kurasi dan pameran yang ditanda tangani orang tua. Karya fotografi yang diikutsertakan tidak dibatasi oleh tahun pemotretan, lokasi maupun alat yang digunakan, termasuk dengan menggunakan handphone. Karya fotografi tidak boleh mengandung unsur SARA dan pornografi. Pameran ini tidak ada tema foto tertentu. Peserta bebas berkreasi sesuai dengan bakat dan kemampuannya.Calon peserta pameran boleh mengirimkan maksimal 5 foto dengan ukuran sisi terpanjang minimal 2000 pixel dengan resolusi 72 dpi dalam format JPEG. Penamaan file foto adalah : nomor urut foto_nama fotografer_judul (contoh: 01_anwar_sunrise), dan dikirim melalui email ke ffs2014.info@gmail.com dengan subyek email : KURASI FFS 2014. Paling lambat 15 Maret 2014. Semua karya foto calon peserta pameran melalui tahap kurasi.

B.   Persyaratan Umum Peserta Pameran Foto FFS 2014
Peserta pameran adalah mereka yang pada poin A karyanya telah lolos kurasi. Pengumuman hasil kurasi pada tanggal 20 Maret 2014 yang akan diberitahukan melalui fanpage, email dan media social. Peserta yang lolos kurasi akan mendapatkan kuota maksimal 3 foto. Peserta yang lolos kurasi wajib mengirimkan file foto yang lolos kurasi dalam format JPEG dengan resolusi 300 dpi. Karya yang lolos kurasi akan dimuat didalam catalog FFS 2014. Batas pengiriman file foto yang lolos kurasi paling lambat pada tanggal 28 Maret 2014 melalui email ffs2014.info@gmail.com dengan subject email : PAMERAN FFS 2014. Peserta yang lolos kurasi wajib membayar biaya administrasi sebesar : Rp. 150.000,- (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah) untuk setiap karya yang lolos kurasi. Biaya tersebut ditransfer selambat - lambatnya pada tanggal 25 Maret 2014 ke: BCA no 520 026 7011 a/n : Roy Goenawan M. Biaya adminstrasi tersebut merupakan bukti pendaftaran peserta pameran dan biaya pengembalian karya kepada peserta (setelah pameran selesai).

8. Bila peserta yang lolos kurasi telah membayar biaya administrasi ( poin 7 ) namun tidak / terlambat mengirimkan file dari batas waktu yang ditentukan ( poin 6 ) maka karya peserta tidak dimuat di catalog.
9. Bila peserta yang lolos kurasi terlambat / tidak membayar biaya pendaftaran ( poin 7 ) maka karya peserta dinyatakan gugur
10. Setiap peserta pameran akan mendapatkan 1 ( satu ) buah catalog FFS 2014 berukuran A4, 150 halaman. 

C. KURATOR
Budi Darmawan Hon.E.FPSI, Hon.LFCN, Hon JPC, F.RPST, A.RPS, A.CPA, A.PSS, A.FPSI****
Hari Yong Condro
asmono Sudarjo MH., F.PSNY/EE.PSNY/A.RPS/A.PST/A.CPA /A.NCPA/A.35mm PS/SE. A.35mmPS /A.HKCC / A.PSEA / A.FPSI*/Hon.E.FPSI/PSA**** Exhibitor. 

D. MEDIA PAMERAN
Ukuran foto minimum  40cm x 60cm, bingkai minimalis dengan ukuran maksimal 70cm x 100cm. Peserta dibebaskan mencetak foto dengan media bebas ( 2 dimensi ).  Seperti kain, kanvas, photo paper, keramik, kayu ketebalan min.10 mm, logam, dan kaca ketebalan min. 5mm,  dengan bingkai sisi terpanjang 70cm x 100cm. Media foto bebas, bukan dari bahan yang mudah rusak.

 E.   DISPLAY KARYA
Pengaturan dan pemasangan karya-karya adalah hak dan tanggung jawab kurator pameran. Karya-karya dengan cara pemasangan khusus HARUS dilengkapi gambar kerja atau gambar panduan pemasangan karya. Jika terjadi kerusakan karya selama berlangsungnya pameran, maka Panitia akan mengganti maksimal sebesar Rp. 190.000,- (seratus Sembilan puluh ribu rupiah). Jika terjadi kehilangan karya selama berlangsungnya pameran, maka Panitia akan mengganti maksimal sebesar Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah).

F.   PENGEPAKAN & PENGIRIMAN KARYA
Setiap peserta wajib mengerjakan pengepakan masing-masing karyanya dengan baik. Batas waktu PENGIRIMAN KARYA FISIK FOTO tanggal 5 Mei 2014 sudah sampai di redaksi panitia, disertai data foto dan data pribadi peserta.
Alamat Pengiriman Karya : 

PANITIA FESTIVAL FOTO SURABAYA 2014
Komplek Ruko Klampis Square
Jl. Klampis Jaya Blok C 34  Surabaya
Telp: 031 700 30151 

3. Biaya pengiriman karya ditanggung peserta.
4. Segala kerusakan dan kehilangan akibat pengepakan dan pengiriman adalah tanggung jawab peserta. 

G.   PENGEPAKAN & PENGEMBALIAN KARYA
Pengembalian karya dilakukan jasa ekspedisi, menggunakan pakcing standar, dan disertai dengan foto kondisi saat packing. Pengembalian karya dilakukan maksimal H+14 (cap pos) setelah pameran berakhir, dan disertai dengan catalog pameran FFS 2014. Panitia hanya mengembalikan karya peserta di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

H.  PUBLIKASI & PROMOSI
Penyelenggara Festival Foto Surabaya BERHAK menggunakan karya dari para peserta pameran untuk kepentingan publikasi dan promosi kegiatan. Publikasi festival foto akan dilakukan melalui penyebaran bahan-bahan cetakan, seperti: katalog pameran, poster, dan undangan; serta pembuatan berbagai atribut publisitas kegiatan, seperti : spanduk, umbul-umbul, baliho. Kegiatan promosi pameran melalui kerjasama dengan pihak media massa, cetak maupun audio visual dan komunitas foto serta pihak Grand Cit.

I.  RANGKUMAN JADWAL
-1 Februari 2014 - 15 Maret 2014 : Pendaftaran keikutsertaan pameran
a. Pengembalian Formulir Keikutsertaan FFS 2014.
b. Pengiriman file foto yang akan diikutsertakan FFS 2014 (max 5 foto per calon peserta) dan  dikirim melalui email ke ffs2014.info@gmail.com
 
-20 Maret 2014 : Pengumuman hasil kurasi
peserta dibatasi maksimal 3 foto yang lolos kurasi
-25 Maret 2014 : Batas akhir pembayaran biaya pameran Rp. 150.000,- untuk setiap foto yang lolos kurasi dan diikutsertakan dalam pameran. Bila transfer tidak dilakukan maka foto yang lolos kurasi tersebut akan gugur dan tidak diikutsertakan dalam pameran FFS 2014.
-28 Maret 2014 : Batas akhir pengiriman file foto yang lolos kurasi. Format JPEG, resolusi 300 dpi. Bila pengiriman file foto yang lolos kurasi tersebut tidak dilakukan maka foto tersebut tidak dapat dimuat  dalam catalog pameran FFS 2014.
-05 Mei 2014 : Batas akhir pengiriman karya foto secara fisik ke panitia FFS 2014. Disertai data foto dan data pribadi peserta. Gambar kerja atau gambar panduan untuk karya dengan cara pemesangan khusus. Biaya pengiriman ditanggung pesert.

Setelah 1 Juni 2014 : Pengembalian karya foto kepada masing-masing peserta

    Panitia mengirimkan menggunakan jasa ekspedisi
    Panitia menggunakan pakcing standar dan disertai foto kondisi packing.
    Panitia menyertakan catalog FFS 2014.
    Panitia hanya mengembalikan karya peserta di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.




Galeri Foto Jurnalistik Antara bekerjasama dengan Goethe-Institut Indonesia mempersembahkan:

Pameran Fotografi "KOTA Tentang Kebangkitan dan Keruntuhan"


Pameran fotografi di Gedung Arsip
 

Pembukaan: 23 Jan 2014 19:00 WIB

Galeri Nasional Indonesia
Gedung A
Jl. Medan Merdeka Timur No. 14
Jakarta 10110
Pameran: 24 Jan. – 7 Feb. 2014
Diskusi
Sabtu | 01 Februari 2014 | 14:00 WIB
Bersama Fanny Oktavianus, Jörg Brüggemann, Marco Kusumawijaya dan Oscar Motuloh
Gratis
Untuk reservasi tur pameran, silakan hubungi:
+62 21 23550208-116/126
kultur@jakarta.goethe.org
 
Kota adalah awal dari peradaban, peleburan kebudayaan, mental, agama dan ide. Guna mencari kehidupan yang lebih baik, mencari keamanan, kebebasan dan kesejahteraan, ratusan ribu orang setiap harinya di seluruh dunia pindah dari desa ke kota. Disamping kesempatan yang lebih besar, kota juga menyembunyikan banyak bahaya: kemiskinan, kriminalitas serta anonimitas dan belakangan ini ketimpangan sosial yang besar menjadi ciri khas banyak kota metropolitan. Bagaimana kehidupan di Tokyo dan Manila, Lagos dan Las Vegas, Berlin, Minsk dan Gaza? Kedelapan belas fotografer yang bernaung di bawah agensi Ostkreuz melakukan penjelajahan untuk mencari intisari realitas perkotaan masa kini. Dari 22 kota diseluruh dunia mereka memadatkan kesan-kesan pribadi mereka menjadi esai fotografi – sebuah proyek jangka panjang yang unik. STKREUZ merupakan agensi foto yang penting di Jerman. Dengan mencontoh MAGNUM, agensi ini didirikan di Berlin Timur di akhir masa Jerman Timur. Untuk memperingati 20 tahun OSTKREUZ, panggotanya mengkonsep pameran „KOTA. Tentang Kebangkitan dan Keruntuhan“, yang sejak 2010 dipamerkan di banyak negara. Dari tanggal 24 Januari-Februari sebanyak lebih dari 150 foto dapat kita nikmati di Galeri Nasional Indonesia.

No comments:

Post a Comment